FORUM BALI

Jumat, 19 Maret 2010

Berkenalan dengan Google


Siapa sih pengguna internet yang gak tau google?
Yupz... Google.com merupakan situs pencarian atau terkenal dengan sebutan "search engine" yang wajib hukumnya diketahui bagi para pemilik website atau weblog.

Ehm... mari kita menelusuri apa itu google.

Google didirikan pada tahun 1998 oleh dua orang mahasiswa ber-title Ph.D dari Stanford yaitu Larry Page dan Sergey. Nama dari situs yang terkenal ini berasal dari kata 'googol' yaitu sebuah plesetan yang dipakai oleh Milton Sirotta, keponakan Edward Kasner (ahli matematika Amerika...wezzz anak matik kayak saya...hehe).

Fungsi dari situs ini adalah untuk memudahkan seseorang yang ingin melakukan pencarian dengan cepat menggunakan keyword yang diinginkan atau disebut searching. Google juga memberikan fasilitas periklanan. Yupz... beriklan di situs ini sangat efektif karena jumlah pengguna situs ini yang sangat fantastis setiap harinya.

Tidak hanya produk pencarian... Google memiliki banyak sekali layanan yang berguna bagi para pengguna internet... Misalnya Google Analytics, Gmail, Google video, Google Maps dan Bahkan Program aplikasi desktop yang keren yaitu Google Earth, yaitu program yang memungkinkan kita melihat bumi kita dari satelit. Program Google Earth sangat berguna bagi pemerintahan untuk melihat lokasi-lokasi yang rusak, melihat bangunan komersian dan penghunian, pangkalan, agensi pemerintah dan lain-lain.

Kembali lagi ke Google.com. Pada bagian search engine terdapat tiga komponen penting yang saling berkaitan yaitu :
  • Spider (Penjelajah web melalui link-link, dan membaca halaman).
  • Index (Database yang berisi hasil pencarian judul, text, URL yang dikumpulkan oleh Spider).
  • Search Engine Mechanism (Software untuk mencari berdasarkan Index yang ada).
Mantep... sekali Search Engine yang satu ini. Bahkan bagi para mahasiswa, penggunaan Search Engine Google adalah wajib untuk diketahui.

Hal yang perlu Anda lakukan hanya "Pikirkan apa yang ingin Anda cari lalu ketik keyword Anda pada search box lalu tekan search".

0 comments:

 

Pajang Facebook

FORUM BAND BALI Copyright 2010

template asli di disain oleh Ipietoon untuk Free Blogger Template